- Advertisement -
Advertising
Beranda RANAH Pemilu 2019, KPU Kabupaten Bogor : Jadi 9 atau 10 Daerah Pemilihan

Pemilu 2019, KPU Kabupaten Bogor : Jadi 9 atau 10 Daerah Pemilihan

CIBINONG – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bogor masih melakukan kajian terkait pembagian daerah pemilihan (Dapil) untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) tahun 2019. KPU memastikan bakal terjadi perubahan jumlah dapil di Kabupaten Bogor. Saat ini, Kabupaten Bogor terbagi menjadi 6 dapil.

“Rencana perubahan dapil sudah dibahas dalam rapat koordinasi dengan pimpinan partai politik. Usulannya 7, 8, 9 dan 10 dapil. Kemungkinan paling besar menjadi 9 atau 10 dapil,” kata Ketua KPU Kabupaten Bogor Haryanto Surbakti kepada Polbo di Cibinong, Ahad, 21 Januari 2018.

Menurut Haryanto, proporsi pembagian zona pemilihan dilihat dari sebaran jumlah penduduk Kabupaten Bogor yang tercatat sebagai pemilih. Saat ini, Kabupaten Bogor terbagi dalam 6 dapil. Yang bisa dipastikan berubah adalah Dapil 4, karena terkait wilayah daerah pemekaran Kabupaten  Bogor Barat. “Kecamatan Ciomas keluar dari Dapil 4, bergabung dengan Tamansari, Cijeruk, dan kecamatan lain di wilayah Selatan,” jelas Haryanto.

Simak juga : Launching Pilwalkot Bogor 2018, KPUD : Jumlah Hak Pilih 762 Ribu Suara

Menurut Ketua KPU, pembagian jumlah kursi di setiap dapil kisaran 6 sampai 7 kursi. Kemudian wilayah Timur akan mendapat tambahan jumlah kursi yang diperebutkan karena jumlah penduduk lebih besar.   “Yang jelas ada perubahan dapil dan jumlah kursi yang diperbutkan pada Pemilu 2019. Saat ini masih dalam kajian,” ujar dia.

Enam zona saat ini, yakni dapil 1 meliputi Cibinong, Citeureup, Sukaraja, Klapanunggal dan Babakan Madang, Dapi 2 mencakup Cileungsi, Gunung Putri, Sukamakmur, Jonggol, Cariu dan Tanjungsari. Kemudian Dapil 3 meliputi Tamansari, Ciawi, Megamendung, Cisarua, Caringin, Cijeruk dan Cigombong.

Adapun Dapil 4 mencakup Ciomas, Dramaga, Ciampea, Tenjolaya, Pamijahan, Cibungbulang dan Rumpin. Sedangkan Dapil 5 meliputi Leuwiliang, Leuwi Sadeng, Nanggung, Cigudeg, Sukajaya, Jasinga, Tenjo dan Parung Panjang. Selanjutnya Dapil 6 mencakup Bojonggede, Kemang, Tajur Halang, Parung, Ciseeng, Gunung Sindur dan Ranca Bungur.

Baca Juga :  Masih Banyak Warga Kota Bogor yang Golput

Baca juga : Jalan Sehat KPU untuk Sadar Pilkada 2018

Terkait jumlah daftar pemilih, KPU Kabupaten Bogor mengatakan ada penurunan sekitar 200 ribuan calon pemilih. Penyebab berkurangnya jumlah hak pilih berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatatan Sipil Kabupaten Bogor setelah diberlakukan sistem KPT elektronik.

“Jadi ada penurunan jumlah daftar pemilih. Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 sudah tidak ada lagi pemilih ganda. Ini karena pemberlakuan KTP elektronik,” tegas Haryanto.

Baca Juga :  Lokasi Kawasan Imigran Kawin Kontrak Akan Ditertibkan

Dalam kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) secara serentak mulai 20 Januari hingga 18 Februari 2118, berdasarkan data Disdukcapil Kabupaten Bogor ada sekitar 3,2 juta pemilih di Pilkada 2018. ”Ada 7.635 PPDP yang siap memutakhirkan datanya. Jumlah itu sesuai dengan TPS yang ada di Kabupaten Bogor,” papar Ketua KPU.

Proses pemutakhiran data, kata dia, akan berlangsung terus hingga Juli mendatang. Jika ada masyarakat yang belum memiliki KTP atau surat keterangan (suket), PPDP siap mencatat untuk kemudian direkap.

 

YAYAT SUDARJAT | AS

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here