- Advertisement -
Advertising
Beranda RANAH Perkuat Aspek Digital, BPH Migas Sinergi dengan PT Telkom Indonesia

Perkuat Aspek Digital, BPH Migas Sinergi dengan PT Telkom Indonesia

BOGOR – Badan Pengaturan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memperkuat fungsi pengawasan dan pengaturan terhadap penyediaan dan pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) dan Gas Bumi. Guna merealisasi hal tersebut BPH Migas resmi menandatangani nota kesepahaman dengan PT Telkom Indonesia.

Penguatan pemanfaatan potensi data melalui aspek digital (digitalisasi), diharapkan ketersediaan dan distribusi BBM dan Gas Bumi yang telah ditetapkan oleh pemerintah dapat lebih terjamin di seluruh wilayah Indonesia melalui penggunaan teknologi digital.

“BPH Migas telah menyiapkan di lantai 4 central data, ruangan khusus yang menjadi tempat pertempuran kami mengawasi dan mengatur tentang BBM yang ada di Indonesia ini, nanti kami serahkan kepada PT Telkom untuk mengelola bagaimana pusat data hilir migas dan juga sekaligus tim operatornya,” kata Kepala BPH Migas, Fanshurullah Asa kepada wartawan di Swiss-Belinn Bogor, Selasa (2/3).

Dia mengaku, selama bertahun-tahun pertamina sudah menerapkan IT digitalisasi di 5.518 SPBPU untuk mencatat nomor polisi kendaraan pengangkut BBM. Kendati demikian, menurutnya sistem digitalisasi pengawasan yang ada belum optimal, untuk menjadi pengawasan BBM Subsidi.

Padahal, sambung dia, dana yang dianggarkan menggunakan APBN dengan nilai mencapai Rp 25 triliun per tahun, dimana perliternya menjadi pertanggungjawaban BPH Migas. “Makannya MoU kita dengan Telkom nanti untuk memasang video analitik atau CCTV. Untuk mencatat nomor polisi yang ada disemua SPBU dan terkonek langsung ke BPH Migas dan itu mengunakan dana BPH Migas,” ungkapnya.

Setelah penandatanganan Nota Kesepahaman dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi tugas dan fungsi serta capaian kinerja BPH Migas kepada masyarakat. Pada kegiatan sosialisasi ini dibahas mengenai tugas dan fungsi BPH Migas, kinerja BPH Migas pada tahun 2020 dan kuota serta realisasi jenis BBM tertentu dan jenis BBM khusus penugasan.

Baca Juga :  Usmar : IMB Gedung Baru BCA Harus Direvisi

Dia membeberkan, ada tujuh point yang menjadi isu kegiatan hilir migas. Diantaranya, mulai dari pengawasan pelaksanaan program BBM Satu Harga dan Sub-Penyalur. Kedua, pengawasan terhadap distribusi BBM di 8.202 Lembaga Penyalur (SPBU, SPBN, SPDN, APMS, SPBB) yang tersebar 192 terminal BBM di seluruh Indonesia.

Ketiga, Pengawasan terhadap kegiatan pengangkutan dan niaga gas bumi melalui pipa dengan Panjang pipa transmisi 5.254,5 Km dan panjang pipa distribusi 6.180,5 Km. Keempat, cadangan BBM nasional. Kelima, lelang ruas transmisi, serta wilayah jaringan  distribusi. Keenam, penetapan tarif pengangkutan gas bumi melalui pipa dan yang ketujuh adalah penetapan harga gas bumi untuk rumah tangga.

Baca Juga :  Ridwan Kamil : Bima Harus Jalani Tes Kesehatan di Bandung

“BPH Migas bertugas meningkatkan PNBP atau iuran kita membantu negara supaya PNBPnya naik dari mana sumbernya, ada 150 badan usaha  yang mempunyai izin niaga umum di mana transaksi BBMnya mencapai 75 miliar liter pertahun. Jadi kami tingkatkan sehingga nanti di semua badan usaha yang memiliki izin niaga umum itu dipasang alat sehingga nanti terdigitalisasi semua order yang keluar baik volume, sehingga PNBP bisa naik signifikan. Tiga hal ini yang akan sinergiskan dengan PT Telkom,” tukasnya.

Tim PolBo / Yudha Prananda

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here