- Advertisement -
Advertising
Beranda PANGGUNG Pilbup Bogor 2018, Rahmat LPKP : Pertarungan Ade Yasin versus Jaro Ade

Pilbup Bogor 2018, Rahmat LPKP : Pertarungan Ade Yasin versus Jaro Ade

Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Kebijakan Publik (LPKP), Rahmat Syamsul Anwar | Istimewa

CIBINONG – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor periode 2018-2023 bisa dipastikan bakal diikuti lima pasang kontestan. Mereka adalah pasangan Gunawan Hasan-Ficky Rhoma Irama (Berguna), Ade Yasin-Iwan Setiawan (Ayis), Fitri Putra Nugraha alias Nungki-Bayu Sjahjohan (Nuba), Ade Ruhendi alias Jaro Ade-Ingrid Kansil (Jaring) dan Ade Wardhana Adinata-Asep Ruhiyat (AA).

“Masyarakat Kabupaten Bogor mempunyai banyak pilihan untuk Pilbup Bogor 2018. Semua pasangan calon mempunyai peluang yang sama untuk memenangkan pertarungan,” kata Analis Politik dari Lembaga Pemantau Kebijakan Publik (LPKP), Rahmat Syamsul Anwar kepada Polbo di PWI Kota Bogor, Jum’at, 19 Januari 2018.

Baca : Seperti Ini Skenario Poros Politik di Pilbup Bogor 2018

Menurut pentolan aktivis Pergerakan Mahasiswa Muslim Indonesia (PMII) Bogor ini, kunci kemenangan adalah kekuatan dari calon itu sendiri, soliditas mesin partai dan tim pemenangan, program kerja serta kemampuan finansial.  “Tapi yang jelas siapa berhasil meraih hati masrayarakat, itu pemenangnya,” ujar dia.

Pada posisi saat ini, Rahmat menceritakan, baru dua calon yang terlihat mendominasi pergerakan politik di akar rumput maupun di tingkat elistis. Pasangan Jaro Ade-Ingrid Kansil dan Ade Yasin-Iwan Setiawan sama-sama mampu menggalang kekuatan politik besar. Jaro Ade berhasil membangun koalisi gemuk sebagai partai pengusungnya, yakni Partai Golkar, PAN, PKS, NasDem, Demokrat, PKPI, Partai Berkarya dan PPP Djan Faridz.

“Jika mesin partai koalisi pengusung solid dan sama-sama bekerja, pasangan Jaring benar-benar bisa menjaring suara yang sangat besar. Secara kompoisi calon, Ingrid Kansil bisa memecah basis suara gender perempuan, yang selama ini dikuasai Ade Yasin,” Rahmat menjelaskan.

Simak : Pilkada Bogor 2018, Dua Ade Head to Head, Adakah Kuda Hitam?

Baca Juga :  Gempar Perkuat Basis Dukungan Ru'yat-Zaenul

Selain itu, kata Direktur Eksekutif LPKP ini, calon yang mampu mendulang suara dari basis suara agamis, terutama alumni Aksi Bela Islam 212 diperkirakan bakal menjadi pemenang Pilbup 2018. Namun, kondisi saat ini, partai pendukung Aksi 212 juga terpecah. Partai Gerindra berlabuh ke Ade Yasin dengan koalisi PPP dan PKB. Adapun PKS, PAN dan Demokrat memilih mengusung Jaro Ade.

“Jadi basis suara Alumni 212 tidak bisa juga diklaim oleh salah satunya, baik paslon Jaro Ade maupun Ade Yasin. Suaranya bakal terpecah,” imbuh Rahmat.

Lantas bagaimana kekuatan Ade Yasin-Iwan Setiawan? Menurut Rahmat, kekuatan politik Ade Yasin ditopang oleh nama besar Rachmat Yasin (RY), bekas Bupati Bogor dua periode. RY adalah kakak kandung Ade Yasin. Langkah politik Ade Yasin tidak lepas dari rancang strategi RY.

Baca Juga :  Calon Walikota Independen, Edgar Suratman Tak Gentar Hadapi Bima Arya

Baca juga : Politik Itu Ghaib

Makanya, Rahmat menceritakan, Ade Yasin mampu menggalang kekuatan basis suara dari level pengurus RT, RT, Amul, kader Posyandu, PKK, para kepala desa dan lainnya. Selain itu, ting teng politik RY, yakni RY Center membackup penuh gerakan politik Ade Yasin di Pilbup 2018.

“Sejak kepemimpinan RY dilanjutkan Nurhayanti, sudah terjadi pertarungan ‘Dua Ade’ (Jaro Ade dengan Ade Yasin). Faktanya kursi wakil bupati kosong sampai sekarang. Itu salah satu efek pertarungan ‘Dua Ade’. Jika keduanya sepakat, niscaya kursi wakil bupati Bogor bakal ada penghuninya,” ungkap Rahmat.

 

ARIE SURBAKTI | AS

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here