- Advertisement -
Advertising
Beranda PARLEMENTARIA PKS Dukung Golkar Asal Fahri Hamzah Didepak dari Wakil Ketua DPR

PKS Dukung Golkar Asal Fahri Hamzah Didepak dari Wakil Ketua DPR

JAKARTA- Putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta membuat Fahri Hamzah bertahan sampai saat ini menduduki kursi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Tapi politikus paling vokal di Senayan itu harus mulai siap-siap terdepak dari jabatan sekarang.  Ya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mau mengambil kembali hak kursi yang diduduki Fahri.

Menurut Presiden PKS Sohibul Iman,  partainya tetap menginginkan posisi pimpinan DPR yang sekarang diduduki oleh Fahri Hamzah. Ia berharap jabatan pimpinan dewan diberikan kepada kader partainya sendiri saat ada pergantian pimpinan DPR.

“Kami mendukung pergantian itu (Ketua DPR) siapapun yg dicalonkan (Golkar). Tentu kami juga minta semua menghormati hak fraksi PKS bahwa wakil ketua DPR itu hak fraksi PKS,” kata dia di Canary Coffe Shop, Hotel Aston Priority, Jalan TB Simatupang Kav. 9, Jakarta Selatan pada Selasa, 2 Januari 2018.

Kursi Wakil Ketua DPR yang menjadi hak PKS diduduki oleh Fahri Hamzah. Sedangkan PKS telah memecat Fahri sebagai anggota partai dan menuntut dia mundur dari kursi Wakil Ketua DPR. Namun, Fahri memenangkan gugatan di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang membuat dirinya tetap menjadi wakil ketua DPR juga kader PKS.

Baca: Sudah Final, Gerindra, PKS dan PAN Koalisi di Pilkada 2018

Meski begitu, PKS tetap kukuh menuntut Fahri Hamzah mundur dengan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Selain langkah kasasi, PKS akan menggunakan momen pergantian Ketua DPR oleh Golkar sebagai opsi melengserkan Fahri.

“Misalnya nanti Fahri akhirnya diganti dari pimpinan DPR. Beliau tetap mau jadi anggota DPR menunggu hasil sidang, itu haknya, kita hormati,” kata Sohibul.

Terkait haknya itu, Sohibul mengatakan telah melakukan komunikasi dengan pimpinan Partai Golkar. Menurut dia, Golkar telah berkomitmen untuk mengabulkan hak PKS. “Waktu itu yang kontak saya pak Airlangga (Ketum Golkar) langsung. Bahkan Pak Ginandjar (politikus senior Golkar), jadi saya kira mereka menyatakan siap,” ujarnya.

Baca Juga :  Heri Cahyono Lebih Setuju Dewi Basmala Dipertahankan sebagai Dirut RSUD Kota Bogor

Baca: Airlangga Hartarto Resmi Jadi Ketua Umum Golkar

Dalam putusan di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta pada 14 Desember 2017, terdapat lima poin keputusan yang dikeluarkan hakim. Pertama, pemecatan Fahri Hamzah sebagai anggota PKS, anggota DPR, dan pimpinan DPR RI batal demi hukum. Kedua, PKS harus mencabut putusan pemecatan Fahri sebagai anggota PKS, anggota DPR, dan pimpinan DPR. Ketiga, pengadilan menyatakan posisi Fahri Hamzah sah sebagai anggota PKS, anggota DPR, dan pimpinan DPR.

Baca Juga :  Junaidi Syamsudin Ketua Pansus DPRD Pembentukan Kabupaten Bogor Timur

Keempat, pengadilan menghukum Badan Penegak Disiplin Organisasi, Majelis Tahkim, dan Presiden PKS Muhammad Sohibul Iman membayar kerugian immaterial secara tanggung renteng sebesar Rp 30 miliar kepada Fahri Hamzah. Terakhir, pengadilan memerintahkan BPDO, Majelis Tahkim, dan Muhammad Sohibul Iman merehabilitasi harkat martabat dan kedudukan Fahri seperti semula.

 

TEMPO.CO | AS

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here