- Advertisement -
Advertising
Beranda BERITA UTAMA Polisi: Warga Bisa Ambil Kendaraan Yang Hilang di Polres Bogor, Tidak Dipungut...

Polisi: Warga Bisa Ambil Kendaraan Yang Hilang di Polres Bogor, Tidak Dipungut Biaya!

CIBINONG – Bagi masyarakat yang pernah kehilangan kendaraan bermotornya, alias pernah menjadi korban pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), bisa datang ke Polres Bogor. Sebanyak 124 motor, 9 mobil dan satu unit truk  menjadi alat bukti curanmor yang diamankan oleh Sat Reskrim Polres Bogor.

“Bagi masyarakat yang merasa kehilangan sepeda motornya ataupun kendaraan roda empatnya, silahkan bisa menghubungi kami, melalui Humas Polres Bogor. Nanti akan kami tampilkan nomor kendaraan maupun nomor mesin. Silahkan datang ke Polres Bogor, sambil membawa kelengkapan surat dari kendaraan tersebut. Semuanya tidak dipungut biaya,” ungkap Kapolres Bogor AKBP Harun, usai jumpa Pers di Mapolres Bogor, Cibinong, Kamis (4/3).

Dia menjelaskan, operasi kejahatan pencurian (jaran) kendaraan roda dua yang dilakukan oleh Sat Reskrim dan Polsek di wilayah hukum Polres Bogor berhasil menangkap 60 orang pelakunya, baik di wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kota Tangerang, Provinsi Banten. Mereka diringkus dalam kurun waktu 10 hari pada 22 Februari hingga 3 Maret 2021.

Berdasarkan dari hasil penyelidikan, tambah dia, para pelaku kejahatan tersebut biasanya beraksi pada dari pagi hingga sore hari. Ada juga yang melancarkan aksinya dimalam hingga menjelang pagi. Area parkiran kendaraan dipertokoan dan rumah makan menjadi sasaran empuk mereka untuk menggondol kendaraan korban. Bahkan pelaku nekat mengembat kendaraan yang berada disekitaran rumah warga yang sudah menjadi target incaran.

“Ya dengan cara memakai kunci leter T di parkir pertokoan dan rumah makan, selain itu dengan cara membobol atau mencongkel pintu, ataupun jendela rumah warga. Kalau yang di rumah ini, mereka sering melakukan aksinya itu di malam hari,” sebut Harun.

Mantan Pendidik KPK itu membeberkan, dengan menggunakan truk, kendaraan hasil curian ‘pemetik’ tersebut dikirimkan dan dijual ke salah satu penadah yang sudah memiliki jaringan luas di wilayah Cianjur, Jawa Barat.

Baca Juga :  Sorot Program Sami Sade Bupati Bogor, Sosiolog Pedesaan Bilang Begini!

“Pelaku ini masuk jaringan, diluar Pulau Jawa yaitu, Sumatera (Lampung) ataupun ada juga yang lokal Bogor. Hasil dari kendaraan curian yang mereka dapatkan itu, langsung dikirim ke Cianjur dengan menggunakan truk, kemudian dijual disana, tapi truk tersebut, telah berhasil kami amankan,” tandasnya.

Tak hanya 134 unit kendaraan yang diamankan polisi. Dua pucuk senjata api (senpi) rakitan berikut enam peluru dan senjata tajam, serta ponsel dan peralatan yang digunakan pelaku untuk melakukan pencurian tersebut turut diamankan sebagai barang bukti.

Baca Juga :  Ada Dugaan Perbuatan Curang di Proyek Pisau Ciomas

Atas perbuatanya, para ‘pemetik’dijerat dengan pasal 363 ayat (1) ke 3e, 4e dan 5e KUHPidana, Pasal 480 KUHP dan Pasal 481 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. Sementara untuk penadah, dijerat dengan pasal 481 KUHPidana dengan ancaman 7 tahun penjara.

Tim PolBo Yudha Prananda / Wieragus Virmala

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here