- Advertisement -
Advertising
Beranda RANAH PWI Gelar Pelatihan Guna Mencetak Wartawan Profesional

PWI Gelar Pelatihan Guna Mencetak Wartawan Profesional

Bogor  –  Sebagai salah satu organisasi profesi wartawan yang tertua dan diakui Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor, bertanggung jawab untuk melahirkan kader wartawan yang profesional dan menjunjung tinggi kode etik dalam setiap kegiatan jurnalistik. Terkait itu, PWI Kota Bogor akan menggelar Orientasi Kewartawan dan Keanggotaan (OKK) yang dahulu dikenal dengan nama Karya Latih Wartawan (KLW).

Pasca reformasi dan dibukanya kran Kebebasan Pers, banyak media yang tumbuh subur bak jamur di musim penghujan. Namun sayang masih banyak wartawan yang belum mengetahui, apakah karya jurnalistiknya melanggar atau tidak kode etik jurnalistik. Mengantisipasi kondisi tersebut, PWI Kota Bogor sebagai organisasi wartawan tertua di Indonesia memiliki kewajiban melaksanakan pembinaan kepada wartawan yang akan bergabung dengan PWI.

Untuk melahirkan kader wartawan yang professional dan bertanggung jawab secara moral, PWI Kota Bogor akan menggelar Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) Tahun 2020 untuk tingkat dasar dan yang akan dilaksanakan di Bogor Valley Hotel, Jalan Sholeh Iskandar No. 5, Tanah Sareal, Kota Bogor, Sabtu, 29 Agustus 2020 mendatang.

Kegiatan yang rencananya hanya dapat diikuti maksimal 50 wartawan ini bertujuan sebagai kaderisasi anggota baru bagi peserta OKK tingkat dasar.

Menurut Ketua Pelaksana OKK PWI Kota Bogor, Aldho Herman Indrabudi, Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian merupakan program kerja PWI Kota Bogor ini merupakan representasi bagi wartawan yang melakukan peliputan di wilayah Kota Bogor khususnya, yang akan menjadi anggota PWI itu sendiri.

“Mudah-mudahan OKK ini bisa jadi daya ukur dalam hal peliputan bagi wartawan se-Kota Bogor, sekaligus melatih dasar ilmu jurnalistik. Dengan harapan wartawan makin profesional dan mengerti apa batasan-batasan dalam memberikan informasi yang tidak menyalahi kode etik jurnalistik,” ujar Aldho di sekretariat PWI Kota Bogor, Jalan Kesehatan No. 4, Tanah Sareal, Kota Bogor, Senin 20 Juli 2020.

Baca Juga :  Maruarar Sirait dan Bima Arya Janji Bantu Modal Koperasi Wartawan PWI Bogor

Menyikapi hal itu Ketua PWI Kota Bogor, Arihta Utama Surbakti menambahkan, sebagai salah satu organisasi profesi wartawan yang diakui Dewan Pers, PWI bertanggung jawab untuk melahirkan kader wartawan yang profesional dan menjunjung tinggi kode etik dalam setiap kegiatan jurnalistiknya.

“OKK ini merupakan program PWI dan merupakan proses kaderisasi bagi anggota PWI di Kota Hujan. Berangkat dari OKK maka rekan-rekan calon anggota sudah bisa mulai berorganisasi di PWI,” tutur pria yang akrab disapa Arie itu.

Arie juga mengatakan, wartawan merupakan profesi yang memilki martabat, sehingga sebagai seorang pencari berita, dalam menulis karya jurnalistiknya, wartawan harus tergabung dengan salah satu organisasi profesi yang memiliki legitimasi yang jelas dari Dewan Pers. “Sebagai seorang pencari berita, dalam menulis karya jurnalistiknya, wartawan harus jelas memilih organisasi resmi, salah satunya adalah PWI yang telah memiliki legitimasi yang jelas dari Dewan Pers. Dengan bergabung dalam organisasi wartawan ini, diharapkan wartawan punya legitimasi dan kepastian hukum ketika ada masalah,” ungkapnya.

Baca Juga :  DISHUB Periksa Suhu Tubuh Penumpang dan Semprot Angkot

 

Tim PolBo  l  Jacky Wijaya

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here