- Advertisement -
Advertising
Beranda ROMANSA Rizayati Nasdem Diberi Gelar Kehormatan Ratu Kasundaan

Rizayati Nasdem Diberi Gelar Kehormatan Ratu Kasundaan

DIA memang bukan mojang pasundan. Tapi perhatian dan kecintaannya terhadap seni dan budaya khususnya sunda  amatlah tinggi.

Ia melihat seni dan budaya sunda mengandung nilai-nilai luhur, yang berkenaan hubungan antar sesama manusia, alam dan Sang Pecipta Alam Semesta. Keinginannya ikut aktif dalam melestarikan seni dan budaya, sangat kuat.

Itu dia sosok Rizayati, SH, calon anggota DPR RI Partai NasDem daerah pemilihan (Dapil) V Jawa Barat. Kemuliaan Rizayati dalam memandang seni budaya, membuat bangga Sesepuh Adat Kitapak Tereuh Pajajaran, Ki Goler.

“Jujur kami sangat terhormat dikunjungi Ibu Rizayanti. Apalagi beliau menyatakan kesiapannya membantu melestarikan seni dan budaya Sunda,” kata Asep Tedi atau biasa disapa Ki Goler, Ketua Padepokan Seni Budaya Komunitas Iket Tata Pakuan (Kitapak) Tereuh Pajajaran, Ahad, 25 Nopember 20018.

Simak juga : Caleg NasDem Diserang Kampanye Hitam

Menurut Ki Goler, atas kebaikan hatinya, sesepuh padepokan Kitapak membalasnya dengan menganugerahkan gelar kehormatan ‘Ratu Kasundaan’ kepada Rizayati. Mereka berharap ada jembatan koordinasi yang menghubungkan pemangku dan pengambil kebijakan.

“Untuk itu kami berharap Ibu Rizayati berkenan menerima gelar kehormatan “Ratu Kasundaan,” jelas ucap Ki Goler.

Adapun Rizayati mengungkapkan, seni budaya tradisional harus tetap hidup dan lestari. Dari sisi filosofi banyak sekali petuah atau pesan terkandung dalam ruh budaya dan adat istiadat. Kepada sejumlah pewarta di sela kegiatan safari sosialnya, caleg nomor urut 4 itu menyatakan salut atas kegigihan para seniman dan budayawan Sunda.

Para penggiat seni dan budaya itu, masih setia merawat dan memelihara seni dan budaya Sunda di era modernisasi ini.  “Dedikasi mereka harus kita apresiasi. Menjaga warisan nenek moyang tetap ada, bukan lah pekerjaan mudah,” imbuhnya.

Baca Juga :  Begini Curhat STS tentang Pengaruh Medsos

Simak juga : http://Tampung Aspirasi, Rizayati Bangun Posko di 6 Dapil se-Kabupaten Bogor

Sebagai informasi, Padepokan Seni Budaya Komunitas Iket Tata Pakuan (Kitapak) Tereuh Pajajaran yang berlokasi di Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, dikenal aktif melestarikan berbagai seni dan budaya Sunda.

“Seni dan budaya tradisional itu kental dengan ajaran luhur. Tapi, sayangnya, minat generasi muda mendalami seni budaya tradisional makin minim. Ini menjadi tantangan bagi kami,” kata Haris Munandar alias ki Haris.

Baca Juga :  Ini Alasan Kenapa STS Batal ‘Nyaleg’

aris pun  berharap, Rizayanti terpilih menjadi anggota DPR – RI, sehingga niatnya bersama-sama dengan seniman dan budayawan melestarikan seni dan budaya Sunda terlaksana. “Kami hanya bisa berdoa dan mendukung suara, agar Ibu Rizayanti mendapatkan amanah terpilih menjadi anggota DPR – RI,” tutupnya.

 

MURTADHO | ARIE SURBAKTI

 

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here