- Advertisement -
Advertising
Beranda BERITA UTAMA Rizky Wakil Ketua DPRD : Sudah Tradisi Nyawer Duit

Rizky Wakil Ketua DPRD : Sudah Tradisi Nyawer Duit

CIBINONG-Politikus muda Partai Gerindra, M. Rizky hanya tertawa santai menyikapi laporan dugaan melakukan politik uang terkait Pilkades Tegalwaru, Kecamatan Ciampea. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor ini menyatakan tak gentar karena merasa benar.

Ia mengatakan, bagi-bagi duit pecahan Rp 5.000 kepada ratusan warga yang kumpul di rumahnya, dilakukan setelah selesai pencoblosan dan penghitungan suara. Saat itu, perolehan suara calon Kades nomor 1, Hj. Nunung Nuriyah dinyatakan unggul dari saingannya, Haerudin, calon Kades nomor 2.

“Yang kumpul di rumah itu semuanya tim sukses. Dan, saya bisa buktikan yang minta disawer itu mereka. Katanya Geura gaurkeun gaurkeun (bagi-bagikan uangnya),” ungkap Rizky kepada wartawan di ruang Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Bogor, Senin (26/11).

Permintaan saweran tersebut, Rizky menceritakan, seperti tradisi merayakan kemenangan di hari lebaran. Bagi-bagi duit ini, disebutkannya, sudah menjadi tradisi bagi dia. Apalagi, mereka yang dikasih saweran duit gocengan itu bukan orang luar, tapi tim pemenangan Hj. Nunung, ibu kandung Rizky.

“Ini buktinya, foto saya lagi nyawer pas lebaran tahun 2016. Ada di Instagram saya. Jadi nyawer ini memang sudah tradisi saya setiap lebaran. Nah, kemarin itu, karena ibu menang, jadi suasananya sama seperti lebaran,” Rizky memaparkan.

Selain menunjukan foto nyawer saat lebaran, Rizky juga mempertontonkan rekaman video saat dia, ibunya, adinya dan seorang guru mengaji menebarkan uang dari atas balkon lantai dua rumahnya kepada kerumunan orang. Suasana terlihat meriah. Keluarga calon Kades nomor 1 terlihat bahagia. Begitupun tim suksesnya mengharu biru.

“Itu uang pribadi saya. Ada sekitar Rp 5 juta yang saya sawerkan. Yah, namanya ibu sendiri yang menang, enggak ada salahnya. Dan saweran tidak terkait dengan pemilihan suara, karena Pilkades Tegalwaru sudah e-voting,” tegasnya.

Kendati tidak gentar karena benar, Rizky dan keluarganya sudah mendiskusikan persoalan laporan dugaan tindak pidana politik uang. Pihaknya sudah menyiapkan tim pengacara untuk menghadapi serta menyelesaikan persoalan tersebut. “Sudah siap pengacaranya. Sudah seperti keluarga saya pengacaranya,” ujar dia.

Baca Juga :  Survei Indekstat di Pilkada Bogor 2018, Sentimen Agama Sangat Tinggi

Menurut Rizky, laporan pengaduan dari kubu calon kades nomor 2 mencuat karena kecewa kalah dalam pertarungan. Padahal, lanjutnya, sebagai calon inkumben, kompetitor ibunya tersebut sudah percaya diri bakal menang.

“Tapi kenyataannya kalah, kan gitu. Mengenai money politics, itu mah sebelum pencoblosan, teman-teman pendukung ingin seperti lebaran. Kalau ibu haji menang, hiburannya seperti lebaran. Jadi saya kalau lebaran suka nyawer, gocengan sama permen,” papar Rizky.

Politikus Partai Gerindra ini, diadukan secara tertulis oleh pengacara dari Kantor Hukum Bangun Mulia Associates. Dalam surat laporan nomor 06/Lap/BMA/XI/2018 yang ditandatangani Teger Bangun, SH, Sunandar SH dan Isep Firdaus SH, Tim Pemenangan Calon Kepala Desa Tegawaru nomor urut 2, Haerudin, melaporkan dugaan politik uang yang dilakukan kubu calon kades nomor urut 1.

Baca Juga :  Gara-gara Pilkades Diadukan ke Polisi, Wakil Ketua DPRD : Santai Saja

Ada empat orang yang dilaporkan, yakni Hj. Nunung Nuriyah (calon kades), M. Rizky (Wakil Ketua DPRD), Ahmad Halimi (Guru Ngaji) dan Fuzi (adik dari M. Rizky). Calon kades nomor urut 1 ini adalah ibu kandung dari M. Rizky, yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD, pengganti Iwan Setiawan yang terpilih menjadi Wakil Bupati Bogor 2018.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Bogor, Sudeni mengatakan, belum tahu persoalan laporan pengaduan dugaan tindak pidana politik uang dalam Pilkades Tegalwaru, yang melibatkan M. Rizky, salah seorang Pimpinan Dewan. BKD belum menerima surat tembusan apapun dari pelapor.

“Jadi mohon maaf, saya sebagai Ketua BKD belum bisa berkomentar banyak,” pungkas politisi PKB ini.

 

HARIAN SEDERHANA | AS

 

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here