- Advertisement -
Advertising
Beranda RANAH Satu Desa Satu Milyar Resmi Digulirkan Bupati

Satu Desa Satu Milyar Resmi Digulirkan Bupati

Bogor  –   Janji politik Joko Widodo saat kampanye pencalonan presiden, yakni akan memberikan program Satu Desa Satu Milyar rupiah (Samisade) , akhirnya resmi digulirkan kembali di tahun 2021 ini. Untuk Kabupaten Bogor, guliran dana tersebut, di launching simbolis oleh Bupati Ade Yasin, di Kantor Desa Cipenjo, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor pada Rabu, 17 Februari 2021, lalu.

Dalam keterangannya, Ade Yasin mengatakan bahwa, dana sebesar itu, diperuntukan Untuk mendongkrak perekonomian desa, serta meningkatkan infrastuktur desa di Kabupaten Bogor, seperti pembangunan jalan desa, pembangunan tebing desa, drainase desa, dan lain-lainnya.

“Hari ini program SAMISADE resmi kita luncurkan, ini program yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat desa. Selain untuk peningkatan perekomian desa, program ini juga difokuskan, pada pembangunan infrastuktur desa. Terutama pembangunan jalan desa di wilayah yang berkepentingan dengan urusan ekonomi, seperti sentra UKM, persawahan dan kawasan wisata,” ungkap Ade.

Program SAMISADE diperuntukan untuk 352 desa yang tersebar di Wilayah Kabupaten Bogor, namun hanya akan diberikan kepada desa yang lolos verifikasi sebagai penerima bantuan program SAMISADE.

“Saat ini kita sedang lakukan refocusing anggaran, apabila ada yang dapat kita geser, akan kita geser. Sehingga jumlahnya dapat bertambah. Untuk saat ini penerima masih di angka 329 desa, dan sisanya dianggarkan selanjutnya,” jelasnya.

“Verifikasi harus diperhatikan, sebab tanpa verifikasi desa tidak akan lolos sebagai penerima bantuan,” jelasnya. Terkait hal tersebut, ditegaskan Ade, untuk memaksimalkan penggunaan dan penyerapan anggaran program SAMISADE.

Ade akan melakukan pengetatan pengawasan dengan melibatkan kejaksaan, tokoh masyarakat dan menjalankan pengawasan secara kolaborasi melalui pengawasan padat karya,  mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten,” tuturnya.

Baca Juga :  Awasi Praktik Kotor di Pilkada, Panwaslu Gandeng KNPI

“Target kami paling telat April ini, program SAMISADE ini sudah bisa kita laksanakan, yakni, tingkat Kabupaten kami sudah MoU dengan Kejaksaan, tingkat kecamatan yang mengawasi pihak Kecamatan, sedangkan untuk desa nanti pengawasannya oleh tokoh masyarakat dan BPD. Makanya kita ada anggaran operasional lima persen dari satu miliar itu untuk operasional,” ucapnya.

Baca Juga :  Seperti Ini Cara Warga Kota Hujan Rayakan Hari Jadi Bogor

Kepada desa yang lolos verifikasi, maka tahun berikutnya mereka akan menerima kembali program bantuan SAMISADE tersebut, selama program pembangunan desanya belum selesai,” jelas Politisi PPP, tersebut.

Tim PolBo / Wieragus V / Jacky.W

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here