- Advertisement -
Advertising
Beranda BERITA UTAMA Stok Vaksin Covid-19 di Kota Bogor Ditambah

Stok Vaksin Covid-19 di Kota Bogor Ditambah

Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali mendapat jatah Vaksin Covid-19 tahap ke-2 dari Pemerintah Provinsi (Penprov) Jawa Barat, Selasa (26/01) sebanyak 9160 dosis. Vaksin buatan Sinovac, China itu mendarat di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor pada pukul 12.30 WIB.

Sebelumnya pada Selasa, (12/01), Pemkot Bogor telah mendapatkan vaksin yang dikirim dari PT Bio Farma dengan jumlah yang sama. Saat ini vaksin yang sudah diterima Pemkot Bogor menjadi 18.320 dosis.

“Pengiriman yang kedua sejumlah sama dengan yang lalu 9160 dosis, yang ditunjukkan untuk penyuntikan kedua untuk sasaran yang dua minggu lalu sudah dilakukan penyuntikan,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bogor Erna Nuraena, usai menyambut kedatangan vaksin (26/01).

Baca Juga : Bogor Punya RS Lapangan

Pada tahap pertama, kata Dia, ditargetkan 9533 tenaga kesehatan (nakes) di Kota Bogor akan disuntik Vaksin Covid-19 tersebut. Saat ini ada sekitar 2733 atau 28,7 persen nakes sudah disuntikan vaksin tersebut, yang tersebar pada 25 Puskesmas, 4 Puskesmas Pembantu, 21 Rumah Sakit dan 4 Klinik di Kota Bogor.

“Kita masih akan melakukan vaksinasi ini baik untuk sasaran yang belum divaksin, maupun pengulangan penyuntikan untuk yang sudah divaksin yang pertama. Kita targetnya di Februari semua selesai,” paparnya.

Baca Juga : Waduh, Vaksinasi Covid Di Bogor Terkendala Sistem

Dia menjelaskan, proses vaksinasi terhadap sejumlah penerima mesti dilakukan dua kali penyuntikan atau dua dosis dengan takaran masing-masing 0,55 cc. Penyuntikan kedua diberikan dengan selang waktu 14 hari setelah tahap suntik pertama dilakukan.

Penyuntikan pertama, lanjut Erna, bertujuan untuk merangsang pertumbuhan antibodi. Penyuntikan kedua bertujuan untuk mengakselerasi terbentuknya antibodi, sampai dititik tertentu yang cukup optimal untuk bisa melindungi seseorang yang divaksin dari gejala yang berat.

Baca Juga :  Danrem 061/Suryakancana Ajak PWI Kota Bogor Sosialisasikan Bela Negara

“Yang perlu diingat adalah orang-orang yang divaksin Covid-19 ini bukan berarti tidak mungkin tertular atau tidak mungkin menularkan, karena vaksin tidak mencegah orang tertular. Jadi apa konsekuennya, orang yang sudah divaksin tetap harus melakukan 5M. Bukan berarti sudah divaksin, kemudian bebas melepas masker tidak menjaga jarak dan segala macam. Karena dia masih bisa tertular dan masih bisa menularkan ke orang lain, tetapi ketika dia tertular diharapkan gejalanya tidak berat. Karena dia sudah punya tentara buat melawan virus,” beber Erna.

Baca Juga :  Iwan Setiawan Periksa Rumah Dinas Wakil Bupati Bogor

Rencananya pemberian suntik vaksin Covid-19 tahap ke-2, akan dilaksanakan pada Kamis (28/01) mendatang serentak di tujuh daerah. Yakni, Bogor, Kota Bandung, Bekasi, Depok dan Kota Cimahi, serta Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

Tim PolBo | Yudha Prananda

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here