- Advertisement -
Advertising
Beranda NUSANTARA Sudrajat Mimpikan Silat Cimande Seperti Shaolin di Cina

Sudrajat Mimpikan Silat Cimande Seperti Shaolin di Cina

BOGOR – Calon Gubernur Jawa Barat Mayjen (Purn TNI) Sudrjat bermimpi menjadikan Padepokan Silat Cimande Kabupaten Bogor sebagai pusat perguruan silat di Indonesia. Cagub Jabar nomor urut 3 yang berpasangan dengan Achmad Syaikhu itu akan mendorong padepokan silat Cimande seperti perguruan silat Shaolin Temple di Cina.

“Perguruan Silat Cimande merupakan seni pencak silat tertua di Jawa Barat dan Indonesia. Jadi harus dilestarikan dan dikembangkan. Kalau saya terpilih jadi Gubernur, Padepokan Cimande akan saya jadikan pusat perguruan silat di Indonesia,” ungkap Sudrajat saat mengunjungi Padepokan Silat Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jum’at, 9 Maret 2018.

Menurut Sudrajat, mimpinya menjadikan Cimande seperti di Shaolin menjadi pusat silat Indonesia bukan tanpa dasar. Selain sebagai aliran silat tertua, Cimande sudah terkenal hingga mancanegara. Dengan konsep seperti Shaolin di Cina, kesenian bela diri  bisa menjadi potensi ekonomi.

Baca : Satria Kabupaten Bogor Siap Kawal Kemenangan Sudrajat-Syaikhu di Pilgub Jabar 2018

Untuk itu, Sudrajat mengatakan, Pencak silat ke depan bukan sekedar seni bela diri atau olahraga, namun sebuah industri. “Di Cina, Shaolin sudah menjadi industri yang bisa menciptakan perkembangan ekonomi bagi pelakunya. Indonesia pun bisa dengan Silat Cimande-nya,” ujar dia.

Selain bermimpi Silat Cimande mendunia, Sudrajat berpikir untuk mendirikan Sekolah Menengah Atas (SMA) plus, yang mengasah kemampuan muridnya dalam bidang pencak silat. Menurut dia, muridnya diberikan asrama itu fokus dalam pendidikannya, seperti layaknya santri di pondok pesantren.

Baca : Empat Pasang Calon Bertarung di Pilgub Jabar 2018

Cagub Jabar Nomor 3 ini menyakini adanya sarana pendidikan SMA Plus akan menggenjot perekonomian di Cimande dan sekitarnya. Selain pusat pendidikan, Kawasan Cimande menjadi destinasi wisata yang menonjolkan ilmu seni bela diri.

Baca Juga :  Ridwan Kamil - Syaiful Huda, Pasangan Serasi di Pilgub Jabar

“Artinya dengan potensi yang ada didorong konsep yang matang maka akan menjadi sebuah nilai yang lebih bagi daerah,” Sudrajat menceritakan. “Cimande juga terkenal dengan pengobatan tradisional patah tulang. Pengobatan Cimande sudah merambah ke berbagai daerah di Indonesia.”

Ajat mengaku, tidak ingin potensi pengobatan ini dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Sebab, disamping ahli pengobatan patah tulang, Cimande juga dikenal dengan minyak gosok Cimande. Minyak gosok ini mempunyai wangi khas dan hanya dibuat di Cimande.

Baca : Modal 20 Kursi dan 4.179.411 Suara, Akankah Hasanah Menang Pilgub Jabar 2018?

“Jangan sampai minyak gosok Cimande yang dipalsukan.  IObat asli Cimande ini harus didaftarkan hak patennya dan harus standar pengobatan trandisional yang baik (SPTB). Ditambah dengan dokter patah tulang trandisional yang memang benar benar sudah berkompeten,” imbuh Sudrajat.

Baca Juga :  Dapat Dukungan, Ridwan Kamil : Golkar Sangat Rasional

Dalam kunjungannya ke Padepokan Silat Cimande, pensiunan TNI dengan tiga bintang ini sempat menjajal beberapa jurus silat dengan ahli silat Cimande. Sudrajat sempat menjatuhkan lawannya dalam beberapa jurus. Meski berusia lebih 60 tahun, Cagub Jabar yang disokong Partai Gerindra ini terlihat masih enerjik dan bertenaga.

 

M.A MURTADHO | AS

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Related News

Pemkot Ambil Paksa Pengelolaan Pasar Induk TU

Bogor  -  Geram terhadap pengelolaan pasar induk Teknik Umum (TU) di Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, yang masih belum juga diserahkan pihak PT Galvindo, membuat...

Presiden Tinjau Langsung Vaksinasi Di Kota Bogor

Bogor -    Presiden RI, Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya Jumát (19/3) kemaren melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi Covid-19 masal bagi pelayan publik dan lansia...

Neraca Keuangan Indocement Kuat Tanpa Hutang Bank

Jakarta  -  Indocement sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, dengan karyawan sekitar 5.000 orang  di 13 pabrik berkapasitas produksi tahunan sebesar 24,9...

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 Di Bogor 91 Persen

Bogor – Ditengarai dengan sudah dilaksanakannya vaksinasi, maka jumlah pasien COVID-19 di Kota Bogor, yang dinyatakan sembuh secara keseluruhan hingga Minggu ini mencapai 11.796...

DPRD : Perubahan APBD Harus Lebih Terarah

Cibinong -   Guna mencegah ketidak-jelasan arah dalam menyusun perubahan parsial pada APBD 2021, dewan mengingatkan agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin,...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here